Membuat farming base clash of clans TH level 7

mrpujar: Farming base merupakan desain vilage pada clash of clans yang dapat berfungsi untuk melindungi storage Gold dan Elixir serta dapat juga melindungi collector yang sedang memproduksi Gold dan Elixir namun dengan mengorbankan sedikit trophy. Desain farming base Th 7 yang akan saya paparkan ini berbeda dengan desain war base maupun trophy base karena kedua desain base ini sangat berbeda fungsingya.

Desain Farming base TH level 7

Dengan desain farming base TH level 7 ini akan memaksimalkan desain dengan jumlah vilage sayang sesuai sehingga akan terlihat lebih keren dan memberikan perlindungan yang maksimal pada storage. Meletakkan storage di bagian yang susah dijangkau oleh pasukan lawan dan melindungi dengan persenjataan disekelilingnya, dan perhatikan Dark Storage tersebut saya letakkan di bagian paling tengah karena DE sangat berharga dan susah didapat maka saya melindunginya dengan sangat ketat suapya tidak berkurang saat terdapat serangan.

desain farming base th level 7 coc
desain farming base th level 7 coc

pertahanan defense base TH 7 coc
pertahanan defense base TH 7 coc

Perhatikan pada bagian kosong ini, ini adalah tempat untuk meletakkan Hiden Tesla, karena saya belum memiliki nya maka saya belum meletakkan nya di bagian tersebut.

tempat untuk meletakkan hiden tesla coc kiri
tempat untuk meletakkan hiden tesla coc kiri

tempat untuk meletakkan hiden tesla coc kanan


Korbankan satu bintang dan beberapa trophy demi perlindungan yang ketat saya rasa tidak terlalu rugi banyak ketimbang kehilangan banyak gold dan elixir, maka dari itu Town Hall saya letakkan di bagian luar pagar saja.

meletakkan town hall coc di bagian luar
meletakkan town hall coc di bagian luar

Sistem pertahanan Farming base TH level 7

Sekarang saya akan memaparkan bagaimana sistem pertahanan farming base TH7 ini bekerja. Kebanyakan orang bermain coc yaitu mempunyai target menang dan menaikkan jumlah trophy, namun clash of clans ini kan game strategi jadi kita harus mempunya strategi khusus pada kondisi tertentu. untuk menang dalam serangan maka mereka mengincar Town Hall jika kita meletakkan nya diluar seperti ini maka lawan akan terlebih dahulu akan menyerang dan menghancurkannya dan mereka mendapatkan bintang satu, namun kita juga tida rugi karena dengan hancurnya town hall maka kita mendapatkan banus Shield perlindungan dengan durasi waktu hingga 24 jam dan dalam waktu perlindungan dari shield tersebut kerajaan kita tidak akan diserang oleh lawan selama shield masih aktif sehingga gold dan elixir juga aman karena base kita hanya diserang satu kali dalam 24 jam, ini adalah sangat berbeda dengan desain war base ataupun trophy base yang berfungsi meningkatkan jumlah trophy namun mengorbankan gold dan elixir di curi terus menerus, bahkan tanpa ada perlindungan shiel base kita bisa diserang hingga 10x dalam satu hari.

town hall coc biarkan diserang lawan
town hall coc biarkan diserang lawan

farming base coc di serang giant
farming base coc di serang giant
Lihatlah pertahanan sebelum lawan menembus pagar pertahan, Giant secara sistem memiliki target defense yaitu akan menyerang pertahanan kita dan disinilah kita akan memberikan sebuah jebakan. perhatikan canon yang ada di luar pagar, itulah target pertama yang akan diserang sama giant. Setelah canon terdapat lorong yang di buat pada 4 sisi dalam base ini, lorong ini berfungsi untuk memberi jebakan kepada giant karena secara otomatis giant akan menuju lorong dan akan menyerang tower archer namun sebelum sampai pada tower archer pada pintu masuk lorong tersebut terdapat Bom yang akan memberikan ledakan dan spring trap akan melontarkan musuh yang menyerang. Bukan itu saja, lihat lah mortar yang yang juga kita lindungi akan terus menyerang, dan perhatikan bagian tempat hiden tesla akan memberikan perlindungan juga kepada musuh yang menyerang storage yang berada di dekat hiden tesla. cukup kuat bukan desain farming base ini, dan cukup sampai sini untuk bermain game coc nya dan akan saya lanjutkan lagi disesi berikutnya termakasih.

Cara mendapatkan penghasilan dari internet

mrpujar: Internet bukan hanya fasilitas untuk berkomunikasi secara online saja namun juga dapat bermanfaat untuk menggali ilmu secara global dan tanpa batasan. Gunakan fasilitas yang sangat hebat ini untuk hal-hal yang positif yang dapat menunjang dan memberikan pengetahuan yang luas. Secara umum internet digunakan untuk mencari informasi oleh pengguna internet, baik itu tentang pendidikan, kesehatan, berita dan masih banyak lagi. Disisi lain banyak yang menggunakan nya untuk berkomunikasi antar teman komunitas dan kelompok tertentu namun juga tidak sedikit yang memanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari internet dengan cara yang beragam.

Berapa juta orang kah di indonesia yang mengakses internet setiap harinya, dan berapa banyakkah pengguna sosial media seperti twitter, facebook, G+, instagram, path dan masih banyak lagi, mungkin kamu juga lebih tau banyak tentang sosial media. Dengan memanfaatkan sosial media saja kita sudah dapat menghasilkan uang dari internet dengan cara berjualan secara online, atau jika kamu menyukai game online kamu juga dapat menawarkan jasa untuk vocher game online.

Blackberry messenger juga merupakan media online yang banyak dimanfaatkan sebagai media berjualan secara online, dengan jumlah kontak list yang banyak dan membentuk beberapa grup diskusi serta dapat mengirimkan pesan secara broadcast/masal maka sungguh peluang yang sangat bagus untuk dimanfaatkan untuk berjualan.

mendapatkan penghasilan dari internet
mendapatkan penghasilan dari internet
Selain sosial media masih banyak lagi media online lain yang dapat kita manfaatkan untuk berpenghasilan lewat internet salah satu nya dengan membuat blog yang bisa menghasilkan uang yaitu dengan cara membuat artikel yang banyak dan berkualitas sehingga banyak yang mengunjungi blog kita, jika pengunjung di blog sudah banyak maka kita juga dapat meanfaatkannya sebagai peluang usaha, dapat memasang iklan dari sponsor diblog tersebut atau menawarkan produk kita sendiri di blog yang sudah kita buat.

Model bisnis online yang baru saya pelajari dan terbukti menghasilkkan adalah diantaranya
1.Berjualan dengan metode dropshiping ataupun reseller dengan memanfaatkan fanspage di facebook dan juga BBM

2.Affiliasi yaitu menjual produk orang lain dan kita mendapatkan komisi dari produk yang sudah dibeli dari link yang kita promosikan atau ditempatkan diblog, contohnya seperti CB(click bank), amazon, CJ(commision junction) atau yang lokal juga ada seperti lazada dan metode ini disebut dengan PPC (click per actions).

3.Publisher periklanan yaitu kita akan mendapatkan penghasilan dengan memasang iklan pada blog atau website dengan syarat sudah mempunyai banyak pengunjungnya baik itu blog berbahasa indonesia ataupun bahasa inggris dan kita akan mendapatkan komisi juika iklan yang terpasang diclick oleh pengunjung yang disebut sebagai PPC dan juga ada beberapa layanan periklanan yang memberikan komisi per 1000 pengunjung tanpa memperdulikan jumlah click iklan disebut sebagai type iklan CPM, penyedia layanan tersebut diantaranya adalah Google adsense,chitika,infolink,media partner dengan metode CPC, dan sedikit yang saya tau dengan metode CPM adalah tribal fusion.

Tips berbisnis dari internet yang menghasilkan

  1. Bergabunglah dengan teman-teman mu yang sudah mendapatkan atau sedang dalam proses belajar menghasilkan uang dari internet, dengan demikian kamu tidak akan tersesat dalam mengambil jalur dan dapat fokus pada salah satu type bisnis ini.
  2. Bergabunglah dengan grup sosial media yang membahas tentang bisnis online
  3. teknik ATM(amati tiru modifikasi) yaitu mengamati medel bisnis teman kamu atau mengamati blog/website keren yang pernah kamu lihat kemudian menirunya secara konsisten dan yang terakhir jangan mencoba untuk mengkopi atau menduplikasinya namun kamu hanya memodifikasi dengan model dan metode nya saja yang sama.
  4. fokus dan bekerja keras sama halnya seperti kamu saat kerja offline, terjadwal dan konsisten dengan yang anda kerjaan jika anda menginginkan penghasilan lebih.

Cara menghasilkan banyak uang hanya lewat blog

mrpujar: saya sekarang berfikir pasti temen-temen yang saat ini sedang membaca artikel ini sudah memiliki blog, namun pernahkah kamu berfikir untuk menghasilkan uang lewat blog yang sudah kamu buat. Saya sendiri pun juga sudah lama membuat blog dan membuat artikel sesuka hati bahkan curhatan pun kadang sampai saya posting diblog saya, namun alangkah lebih baik jika artikel yang kita shared di blog juga bermanfaat bagi pengunjung yang datang ingin mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Tidak sedikit orang yang suka menulis diblog dan tidak mengetahui kalau blog juga dapat menghasilkan uang. Sebagian orang lagi banyak yang mengetahui dan memanfaatkan blog supaya menghasilkan uang namun tidak pernah profit dan selalu gagal, apakah metode yang mereka lakukan salah atau mereka yang ceroboh karena ingin segera mendapatkan uang yang banyak?

Ini adalah pertanyaan saya yang harus kamu cermati. jika kamu benar-benar ingin blog kamu dapat menghasilkan uang maka mulai sekarang buat lah blog yang bermanfaat bagi orang lain, buatlah artikel yang kamu tulis sendiri dengan tanganmu atau kamu juga dapat menyewa seseorang yang dapat menulis untuk blog kamu dengan artikel yang original dan bukan hasil dari kopi paste dari blog lain, ingat bukan kopi paste.

cara menghasilkan uang dari blog
cara menghasilkan uang dari blog
Jika kamu benar-benar konsisten dengan membangun blog yang baik maka saya akan memberikan sedikit tips buat kamu supaya blog kamu banyak pengunjungnya dan bagaimana menguangkan blog tersebut anda dapat menggunakan blogspot, wordpress ataupun web hosting sendiri.

1. Buat lah blog dengan isi artikel membahas satu jenis kategori misalkan jika kamu membuat blog resep masakan maka jangan ada postingan tentang otomotif, namun kamu juga dapat membuat banyak blog lain dengan kategori kata kunci yang berbeda. pilihlah kata kunci yang sering di cari orang dan sedikit kempetitornya bisa menggunakan fasilitas keyword planner untuk mencari kata kunci yang anda inginkan. postinglah sedikitnya 3 artikel perhari selama minimalnya 2-3 bln jangan sapai libur poting ya, namun setelah 3 bulan tersebut kamu dapat mengurangi jumlah posting setiap harinya, jangan lupakan SEO karena seo juga salah satu bumbu untama dalam membangun blog yang dapat mendatangkan pengunjung yang banyak.

google keyword planner
google keyword planner
2. Jika blog yang kamu buat sudah banyak pengunjungnya minimalnya 5000 pengunjung perhari maka kamu dapat mendaftarkan google adsense, sebelum mendaftar kamu cari dulu cara paling mudah untuk mendaftarnya, atau jika blog kamu berbahasa inggris maka kamu akan mendapatkan banyak pilihan publsher seperti infolink ataupun chitika dan masih banyak lagi yang lainnya. Bergabunglah dengan grup blogger di facebook karena disana juga banyak grup-grup yang membahas tentang membuat blog yang bisa menghasilkan uang.

trafik pengunjung blog yang banyak
trafik pengunjung blog yang banyak
3. jangan berfikir untuk mendapatkan uang yang banyak dengan cara yang tergesa-gesa yang dapat mengakibatkan blog kamu di delete sama google atau periklanan kamu di banned, patuhilah peraturan-peraturan google dan penyedeia layanan sebagai publisher periklanan dengan membuat blog yang profesional, bermanfaat dan tidak melanggar ketentuan pelanggaran tersebut.

Itulah yang dapat saya sampaikan saat ini, semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan temen-temen dalam membuat blog dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

Mendapatkan Bonus 450 Gems COC dari achievements

mrpujar: Pasti masih banyak temen-temen yang belum mengetahui cara mendapatkan bonus gems sebanyak 450 gems pada game coc dari misi yang sudah terselesaikan yang terdapat pada achievements. Pada saat saya bermain clash of clans, bonus gems tertinggi saya kira adalah penyelesaian misi achievements ke level cristall league ternyata bukan. Bonus tertinggi pada achievements adalah 450 gems yaitu dengan menyelesaikan misi sweet victory dengan total trophy sebanyak 1250.

achievements sweet victory coc
achievements sweet victory coc

Jadi untuk mendapatkan bonus 450 gems kita harus menyelesaikan misi tersebut dengan cara meningkatkkan jumlah tropy berarti dengan demikian untuk mendapatkan tropy yang banyak kita harus fokus pada serangan pada town hall milik lawan untuk mendapatkan minimalnya 1 bintang sehingga trophy akan terus meningkat, cara ini dapat kamu lihat pada postingan sebelumnya yaitu cara cepat mendapatkan trophy. Agar trophy yang kita kumpulkan tidak menurun atau menjadi minus saat coc tidak kita mainkan/offline kita juga harus membuat strategi dengan membuat sususan bangunan coc atau vilage dengan desain trophy base yang terbukti bisa menambah trophy saat clash of clans kita diserang oleh lawan.

claim banus 450 gems coc
claim banus 450 gems coc

Setelah trophy yang dikumpulkan mencapai minimalnya 1250 maka akan terdapat notifikasi bonus pada achievements dapat diclaim yaitu berupa gems sebanyak 450 dan manfaatkan lah gems untuk keperluan yang tidak sia-sia, lebih baik untuk membeli builder saja. namun saat saya mendapatkan claim bonus 450 gems tersebut saya gunakan untuk membeli dark elixir kurang lebih 5000 DE untuk menambahkan DE saya yang akan saya gunakan untk membeli Barbarian king seharga 10000 DE, dan sekarang barbarian king saya bisa tiduran dengan nyenyak hehehe.

membeli dark elixir menggunakan gems
membeli dark elixir menggunakan gems

membeli barbarian king
membeli barbarian king

Barbarian king clash of clans
Barbarian king clash of clans

Selamat mencoba tips yang saya tulis ini semoga anda juga cepat mendapatkan bonus dari achievements dengan cliam 450 gems tersebut.

Desain Trophy Base TH level 7 COC cepat meningkatkan jumlah trophy

mrpujar: Desain trophy base coc ini saya terapkan untuk mempercepat meningkatkan jumlah trophy sebagai tujuan saya menyelesaikan achievements dan menaikkan level league. karena saat ini saya fokus pada trophy jadi saya sedikit mengabaikan elixir dan gold namun tetap dalam penjagaan agar tidak terlalu banyak di curi oleh lawan. Lihatlah desain trophy base yang saya terapkan berikut ini:

desain trophy base coc TH level 7
desain trophy base coc TH level 7

Disitu terlihat saya memberikan perlindungan sangat ketat terhadap TH town hall yang di kelilingi dengan persenjataan yang kuat dan memberikan benteng pertahanan pagar/wall yang didesain lebih sulit ditembus saat serangan datang, dengan demikian lawan akan sulit untuk menembus pertahanan seperti ini. Kemudian meletakkan colector secara acak di luar wall dan beberapa bangunan lainnya untuk memperlambat serangan. Seperti trick sebelumnnya pada war base yang saya buat di level 6 dan masih saya terapkan untuk desain trophy base coc di TH level 7 ini adalah tetap menggunakan landasan desain war base TH di level 6 dan mengembangkkannya dengan menambahkan pagar di bagian luarnya saja dengan builder yang saya letakkan di sudut-sudut area dengan tujuan agar serangan lawan tidak mencapai kemenangan dengan bintang 3.

edit vilage desain trophy base coc TH level 6
edit vilage desain trophy base coc TH level 6

edit vilage desain trophy base coc TH level 7
edit vilage desain trophy base coc TH level 6

Tanpa adanya bukti kalau desain trophy base ini sukses mengumpulkan banyak trophy maka saya akan memperlihatkan history devense won yang artinya serangan lawan gagal dan kita menang. Secara terus menerus vilage coc saya mendapatkan kemenangan saat diserang dan tanpa devense lost setelah menerapkan trophy base ini.

hasil devense won penerapan trophy base TH 7
hasil devense won penerapan trophy base TH 7

Lihatlah pada gambar tersebut, disitu terlihat trophy saya terus bertambah dan tidak ada minus trophy saat saya sedang offline dan tanpa memainkan game nya pun trophy nya dapat meningkat dengan sendirinya.

Desain war base coc TH level 7
Desain war base coc TH level 7

Selain menerapkan trophy base TH 7 tersebut saya juga membuat desain lain pada clan war dengan desain war base yang berbeda dari vilage. Untuk saat ini saya belum melihat efek dari desain war base yang saya terapkkan karena belum mendapatkan serangan dari clan war, namun next time saya akan memberikan perkembangan clash of clans yang saya miliki dengan pengujian tips dan trick yang mungkin berguna untuk teman-teman, dan dalam waktu dekat saya akan share cara mendapatkan 450 Gems dengan cepat dari penyelesaian misi achievements.

Beli Barbarian king dan Archer Queen TH level 7 dengan Dark Elixir

mrpujar: Sudah saatnya upgrade clash of clans dengan kekuatan dari Barbarian king dan Archer king yang super keren. saharusnya saya upgrade dragon dulu sih sebenarnya, namun elixirnya masih belum cukup. Ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama juga untuk sampai ke Town Hall level 7 ini yaitu upgrade TH7 selama 6 hari. Karena sembari bekerja jadi game coc saya tidak terasa semakin meningkat, hehe sambil menghilangkan setres disela-sela istirahat dan kini saya akan berjuang untuk membeli Babarian king dan Archer Queen.

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah clash of clans kita harus sudah masuk pada Town Hall level 7 agar beberapa menu pada store terbuka dan dapat untuk kita beli, setelah itu saya berusaha mengumpulkan elixir sebanyak 600k untuk membeli Dark elixir storage sebagai wadah untuk menyimpan sedikit nya 10000 DE/dark elixir untuk level1.

dark elixir storage coc
dark elixir storage coc
Kemudian mencari dan mengumpulkan DE yang bisa di dapat dari war attack dengan merampas dan menghancurkan DE storage milik lawan. dibawah ini adalah war attack pertama saya setelah memiliki DE storage, dan dalam pertempuran kali ini saya berhasil search attack dengan base lawan yang memiliki loot DE sebanyak 747. Dengan serangan yang hanya saya tujukan pada DE dan menghiraukan atas kemenangan asalkan DE lawan bisa terkuran habis, dan dalam kesempatan kali ini saya berhasil mendapatkan 730 Dark Elixir tanpa bintang kemenangan satupun dan minus 28 trophy. Ini adalah kesempatan langka bisa mendapatkan loot DE yang besar seperti ini.

attack coc dengan loot 747 DE coc
attack coc dengan loot 747 DE coc

berhasil dengan 730 dark elixir coc
berhasil dengan 730 dark elixir coc
Selain dengan melakukan war attack, untuk mendapatkan DE juga bisa menggunakan treasure membeli dengan menukarkan GEMS untuk mengisi DE storage milik kamu.

membeli dark elixir coc
membeli dark elixir coc

barbarking dan archer queen coc
barbarking dan archer queen coc
Ini adalah langkah terakhir dalam postingan saya kali ini yaitu mempersiapkan untk membeli Barbarian king dengan harga 10k dark elixir, kemudian upgrade DE storage untuk memperbesar kapasitas penyimpanan DE hingga dapat menampung sedikitnya 40K dark elixir untuk membeli Archer Queen sambil mengumpulkan elixir untuk membeli Dark Barrak.

Membuat war dan trophy base TH level 6 coc yang lebih kokoh

mrpujar: Saat ini coc saya sudah upgrade Town Hall leve6, sempat juga mengalami keraguan saat membangun vilage yang kokoh hanya dengan mempunya 125 jumlah pagar atau wall. Namun ternyata dengan Town Hall level 6 tersebut sebisa mungkin kita di tuntut untuk memiliki strategi dan memanfaatkan bangunan yang kita miliki dan dapat melindungi secara keseluruhan.

War base dapat juga di terapkan sebagai trophy base, yaitu melindungi Town Hall seketat mungkin sehingga base kita susah di hancurkan, jika lawan yang menyerang kita kalah maka kita akan mendapatka trophy. bukan hanya itu saja, dengan war base yang saya gunakan ini pun kerajaan clash of clans saya dapat melindungi keseluruhan dari bangunanan, mari kita lihat bagaimana desain war base coc TH level 6 ini dapat di katakan kokoh.

Berikut ini adalah desain dari war/trophy base clash of clans saya, memberikan perlindungan penuh terhadap town hall, mortar, air defense, dan clan castel. sebagai senjata andalan maka mortar harus kita lindungi supaya dapat melakukan serangan terhadap musuh yang mendekat.

war trophy base TH level 6 - coc
war trophy base TH level 6 - coc
Lindungi juga Gold storage dan Elixir storage agar tidak banyak di rampas, dan perhatikan lah setiap sudut luar wall dengan menyisipkkan spring trap dan bom untuk penjagaan terhadap serangan yang akan membobol pagar.

menempatkan town hall mortar dan air defense di tengah
menempatkan town hall mortar dan air defense di tengah
menempatkan spring trap dan bom di sudut wall - coc
menempatkan spring trap dan bom di sudut wall - coc
Menghindari agar serangan musuh tidak mencapai hingga mendapatkan serangan penuh dan menang dengan bintang 3 maka kita akan memperlambat serangan mereka dengan menempatkan builder milik kita pada masing-masih sudut area kerajaan sehingga waktu war akan habis sebelum mereka mencapai bintang 3.

menempatkan builder di sudut - coc
menempatkan builder di sudut - coc

Cara cepat menyusun war/trophy base town hall level 6

Berikut ini adalah cara cepat menyusun war/trophy base, perhatikan beberapa langkah yang mudah ini dan lihat gambarnya. lihat lah bagian kanan yang terdapat tombol dengan gambar tangan tersebut dan silahkan klik, maka akan muncul cendela baru dimana tempat untuk edit vilage dengan lebih mudah dan cepat.

memulai edit vilage coc
memulai edit vilage coc
Hapus semua vilage yang akan di edit maka semua vilage akan berada pada kolom-kolom seperti gambar di bawah ini kemudian susunlah sesuai desain warbase seperti milik saya ini yang keren dan membahanan, hehehe, cara menyusunnya hanya dengan drag and drop yaitu click tahan dan geser ke arah yang diinginkan, jika sudah selesai menyusun silahkan save dan anda sudah berhasil mebuat trophy base TH level 6 yang handal.

area edit vilage untuk membuat war base
area edit vilage untuk membuat war base
selesai membuat war trophy base TH level 6
selesai membuat war trophy base TH level 6
Silahkan coba desain trophy base dengan desain tersebut untuk merasakan bedanya dengan vilage yang sudah anda bangun sebelum nya.

Supaya kerajaan clash of clans aman dari serangan

mrpujar: Pertahanan dalam game clash of clans memang sangat di perlukan, dan strategi juga perlu di terapkan. sebelum nya saya berfikir bahwa dengan melindungi TOWN HALL dan membuat pagar yang dapat melindunginya akan menjadi pertahanan yang bagus.
pada saat itu ternyata ada beberapa hal yang belum saya ketahui dalam melindungi kerajaan coc saya.

Ketika Twon hall di serang dan hancur maka lawan akan mendapatkan satu bintang dan trophy, namun saat town hall kita hancur maka kita akan mendapatkan sebuah bonus perlindungan yaitu shiled hingga 2hari dan kita tidak perlu lagi membeli shield dengan mempergunakan gems. dengan demikian saya meletakkan town hall berada di luar, dan musuh akan lebih dulu menyerang bangunan town hall kita.

untuk mendapatkan shiled agar coc terlindungi dari serangan
untuk mendapatkan shiled agar coc terlindungi dari serangan
bonus shiled aktif coc selama 12 jam
bonus shiled aktif coc selama 12 jam
Beberapa kerugian jika kita lebih mengutamakan perlindungan terhadap town hall maka yang akan hilang justru akan lebih banyak. Sebagai contoh kasus, town haal dengan perlindungan ketat dan saat musuh menyerang hanya merampas gold dan elixir saja maka taown hall tidak hancur dan kita tidak mendapatkkan shield, dengan demikian kerajaan kita akan dapat diserang kembali karena shield tidak aktif, namun jika shield aktif maka kerajaan kita dalam perlindungan dan tidak akan mendapatkan serangan.

Saat kerajaan mendapatkan serangan berulang kali maka gold dan elixir yang kita punya akan di rampas terus menerus, dalam kasus tersebut saya akan lebih mengutamakan Gold storage dan elixsir storagelah yang penuh dalam perlindungan agar tidak banyak dirampas oleh lawan.

melindungi gold dan elixir coc dari serangan
melindungi gold dan elixir coc dari serangan
Dengan perlindungan yang super ketat tersebut pada gambar di atas, gold storage dan elixir storage dan mortar sebagai senjata pertahanan yang handalpun yasa letakkan di tengah dengan pagar yang ketat dan di kelilingi persenjataan yang untuk perlindungan.
hehe.. sekarang saya sudah memiliki 4 builder sehingga proses upgrade dapat lebih cepat, oke next time akan saya berikan tulisan dan update perkembangan tentang clash of clans milik saya.