Cara setting iklan untuk menghasilkan uang dari youtube

mrpujar: Untuk dapat menghasilkan uang dari youtube yang banyak tentunya juga ada cara tersendiri yang sebenarnya sudah di paparkan oleh youtube yang sudah saya bahas pada artikel "cara dapat uang dari youtube" dimana dalam postingan tersebut pada paragraf terakhir saya memberikan panduan resmi dari youtube play book yang bisa kamu pelajari.

cara setting iklan di video youtube

Supaya pendapatan meningkat maka kita juga perlu memperhatikan bagian iklan yang akan tampil pada video yang ditonton dengan memberikan setingan yang lebih optimal. perhatikan pada gambar1 terlihat bagaimana saya memberikan setingan iklan video youtube yang lebih maksimal.

cara setting iklan mid roll di video youtube
cara setting iklan mid roll di video youtube

Lihat pada opsi iklan "Instream ad options", iklan pada opsi ini akan dapat tampil lebih banyak didalam video dapat menggunakan 3 opsi yaitu "Show pre-roll ads" akan menampilkan iklan di awal video, "Mid-roll ads at" dapat menampilkan lebih banyak iklan pada mode ini, karena kamu dapat set iklan sesuai keinginan hanya dengan menentukan menit dan detik keberapa, sebagai contoh yang terlihat pada gambar adalah "5:00,10:00" yang akan menampilkan iklan di bagian menit pertengahan video yaitu di menit ke-5 dan akan tampil kembali di menit ke-10 dan dapat kamu tambahkan lebih banyak, bisa saja dengan set iklan dengan jedah 1 menit. Kemudian iklan dengan opsi "Show post-roll ads" yang akan tampil secara acak pada video.

Seting iklan seperti yang saya jelaskan di atas hanya berlaku untuk video dengan durasi lebih dari 10 menit, video yang berdurasi dibawah 10 menit hanya memiliki opsi standar selain yang saya jelaskan di atas dan dapat di lihat pada gambar1.

menu untuk seting iklan pada video youtube
menu untuk seting iklan pada video youtube

Lakukan edit video untuk mengubah seting iklan yang saya paparkan dengan klik tanda [$] pada video melalui menu video manager/pengelolaan video. selain klik tanda [$] dapat juga klik menu edit pada video dan kemudian pilih tab monetizastin.

jenis iklan yang tampil pada video youtube

Inilah jenis-jenis, bentuk dan ukuran iklan yang akan tampil pada video yang. display iklan pada video akan tampil secara acak, jika mendapatkan iklan bebentuk video yang ada tanda skip maka kita akan mendapatkan banyak komisi, namun ada juga display iklan yang diset secara defauld oleh youtube yaitu iklan yang tampil pada sisi kanan video seperti pada gambar berikut ini:

tampilan format iklan yang tampil pada video di youtube
tampilan format iklan yang tampil pada video di youtube

Itulah yang dapat saya jelaskan dalam pastingan ini tentang setting iklan video youtube dengan versi pengalaman yang saya lakukan dan dapat kamu lihat pembahasan lebih luas pada support google untuk format iklan disini

Permasalahan pelanggaran yang terjadi pada video youtube

mrpujar: Banyak sekali Pelanggaran yang terjadi pada video youtube yang diberikan kepada youtube untuk video yang kita upload. jika kita tidak mengetahui pelanggaran dan dampak buruk yang terjadi pada channel youtube kita maka kita tidak dapat membuat video yang bebas dari pelanggaran.

Ada beberapa jenis akun pada youtube yaitu akun biasa, akun verived, akun premium. akun premium adalah akun pihak ketiga memiliki akses yang luas dan memiliki lisensi atas video yang mereka upload,jika kita mengaapload video yang mengandung material visual dan atau audio yang mereka miliki maka kita dapat terkena pelanggaran karena video yang kita upload melanggar hak cipta dari pihak ketiga.


Pihak ketiga/akun premium memiliki kontrol CMS yang berfungsi untuk mendeteksi video yang sama yang di upload oleh orang lain dan dapat memberikan tindakan pelanggaran seperti menghapus semua video yang tedeteksi sebagai pelanggaran pihak ketiga, dapat memberikan strike atau hukuman kepada yang telah mengupload video yang mengandung material yang sama dengan akun premium dapat memberikan hukuman sebagai vidoe yang diblokir diseluruh dunia dan masih banyak lagi.

Akibat jenis pelanggaran pada youtube

pelanggara akan berdampak buruk pada video yang kita upload dan bahkan pada channel kita, pemilik akunpremium dapat melakukan tindakan hukuman kepada pengunggah video yang sama pada desktop CMS mereka hanya dengan sekali klik saja. berikut ini beberapa peringatan pelanggaran pada youtube:

1. Video di block di seluruh dunia
Artinya jika salah satu video kita terdeteksi pelanggaran dengan peringatan tersebut maka video tidak dapat di tonton dengan pengunjung dan terdapat peringatan pada video bahwa video tersebut diblock oleh salah satu pemilik CMS/Lisensi. dapat mengakibatkan reputasi channel mejadi merah dan akan pulih kembali setelah 7hari atau sesuai dengan batas waktu yang tercantum. jika pelanggaran tersebut terjadi hingga 3x sebelum reputasi channel mejadi baik kembali maka funsi monetisation akan dinonaktifkan selama 6bln dan akan berdampak pada channel yang terkait dengan satu akun google adsense di nonaktifkan.

video youtube di block diseluruh dunia
video youtube di block diseluruh dunia 3x dan disable monetisation

2. Pelanggaran pihak ketiga
Video yang kita upload mengandung material visual atau dan audio, jika video yang kita upload milik kita sendiri dan kita rasa tidak mengandung material apapun dari yang lainnya maka kita dapat mengajukan banding untuk melepaskan peringatan tersebut, namun jika memang video tersebut mengandung salah satu material saja maka gugatan akan siasia karena akan berakibat buruk pada channel kita, video kita dapat di delete oleh pemilik cms yang mendeteksi video yang sama dan bahkan dapat melakukan strike yaitu memberikan reputasi buruk pada channel kita yang akan kembali membaik setelah 6bln.strike 3x akan berakibat channel kita di hapus secara permanen.

video youtube strike pelanggaran pihak ketiga
video youtube strike pelanggaran pihak ketiga

Video yang aman untuk di upload

Video original hasil karya sendiri akan jauh lebih aman, gunakan free audio yang di sediakan oleh youtube yang bisa kita dapatkan disini. video yang mengandung musik atau audio yang tidak free lisensi akan dapat terdeteksi oleh pemilik video asli. pemilik akun premium yang memiliki lisensi atas video mereka yaitu musik recording seperti sony music, pelangi recording, dan masih banyak lagi. kemudian pemilik acara televisi sekarang juga sudah mulai memiliki lisensi di antaranya adalah trans corp, televisi media indonesia, kompastv, mnc tv, dan masih banyak lagi. jadi hindarilah upload video dari televisi jika tidak tau triknya dan jangan menggunakan back song yang berlisensi apa lagi lagu-lagu yang sudah masuk label musik recording. ada beberapa lagu yang dapat di upload dan monetisation dengan versi cover video yaitu video dengan memnyaikan lagu-lagu yang memiliki lisensi namun tidak semua video dengan versi cover lagu dapat di monetisation jadi kita juga harus berhati-hati.

Bagaimana bisa dapatkan uang dari youtube

mrpujar: Youtube merupakan sosial network dengan media video yang sangat cocok sekali untuk promosi, youtube membayar pada pengunggah video yang bermitra kepada periklanan online atau disebut advertiser. mitra youtube dapat dikaitkan dengan advertiser milik google yaitu google adsense dengan menjadi publiser yang bertugas menayangkan iklan yang akan tampil pada setiap hamparan video yang kita unggah dan telah diaktifkan mode menguangkan atau monetisation.

dapatkan uang dari youtube

Bagaimana Bisa dapatkan uang dari video di youtube

Iklan akan tampil seperti pada gambar1 dibawah ini dan akan dibayarkan dengan sistem CPM dengan perhitungan pembayaran per 1000x tayang,untuk video dengan trafik yang berasal dari indonesia rata-rata penddapat per 1000x tayang adalah 0,5-2 dolar dan estimasi pembayaran akan masuk pada akun google adsense yang terkait dapat dicairkan setelah menimal mendapatkan $100 dapat melalui check, western union dan bank transfer itulah uang yang kita dapatkan dari youtube.

iklan yang tampil pada video di youtube

Selain google adsense, advertiser yang bermitra dengan youtube juga banyak salah satunya adalah freedom network yang juga dapat dikaitkan dengan youtube dengan pendapatan bagihasil 60:40 yaitu 40% untuk pihak freedom dan 60% akan dibayarkan kepada kita oleh freedom network.

Dapatkan uang dari youtube dengan video review

Tanpa terkait dengan mitra advertiser kita juga dapat memanfaatkan youtube sebagai media promosi menggunakan video. membuat video berupa review produk untuk meningkatkan penjualan online juga sangat cocok sekali karena tidak sedikit yang menonton video di youtube jadi sangat besar peluang untuk mendapatkan pembeli dari youtube.
selain menjual barang milik kita sendiri kita juga dapat menguangkan video di youtube dengan meletakkan link affiliasi pada deskripsi video sebagai publiser yang bersifat CPA yaitu click per action yang akan komisi dari setiap produk yang terjual.

untuk saat ini saya hanya bisa memberikan penjelasan singkat tersebut dan akan saya lanjutkan dengan pembahasan tentang pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi diyoutube yang harus kita hindari.

Cara dapat uang dari youtube hanya dengan upload video

mrpujar: Ini yang saya lakukan bagaimana cara dapat uang dari youtube, yaitu hanya dengan upload video saja saya bisa mendapatkan ratusan dolar uang/duit setiap bulannya. youtube selain merupakan video direktori namun juga merupakan media sosial yang juga banyak diminati bahkan diatas facebook. pemilik akun youtube dapat berkomentar pada video yang ada di youtube dan dapat saling membalas, meberikan reputasi baik pada video dengan cara like dan memilih video sebagai list favorit, dapat berlangganan/subscribe pada sebuah channel untuk mengikuti update video.

Cara Monetisation video yotube

Hanya dengan upload video saja saya bisa mendapatkan uang dari video yang saya upload, dan siap yang membayar? kita mendapatkan uang/duit diyoutube dengan cara Monetisation atau menguangkan nya yaitu dengan banyak pilihan.
youtube memberikan fasilitas Monetisation sehingga kita dapat menguangkan video yang kita miliki yaitu dengan cara mengaktifkan mode Monetisation menjadi ENABLE dan mengaitkan ke publiser google adsense seperti pada gambar berikut ini:
monetisation channel youtube
monetisation channel youtube

Setelah monetisation atau mode menguangkan sudah aktif pada akun/channel youtube maka video yang kita upload akan ada tanda dolar[$] berwana abu-abu saat kita lihat di menu video manager. artinya video siap untuk menjadi mesin uang yaitu dengan cara mengaktifkan monetisation pada setiap video sehingga tanda dolar [$] akan menjadi hijau, lihat gambar berikut:
meng uangkan video youtube
meng uangkan video youtube


meng aktifkan monetise video youtube
meng aktifkan monetise video youtube

Video apa yang dapat di Monetisation

Video apa saja yang boleh diupload di youtube dan bagaimana cara optimasi nya? sebenarnya youtube telah meberikan aturan2 yang sangat ketat untuk setiap video yang di upload, video harus original dan unik tidak mengandung audio dan visual dari pihak ketiga. upload video musik dan acara televisi dapat menyebabkan terdeteksi sebagai video yang mengandung pihak ketiga dan dapat berakibat pada akun youtube anda, yaitu:
1. tanda dolar pada salah satu video yang terdeteksi sebagai video yang dicekal hilang
2. bisa terkena sangsi teguran dengan strike yang berakibat pada nonaktifnya beberapa fitur pada akun youtube dan dapat berakibat di nonaktifkannya mode Monetisation menjadi disable Monetize.

Kamu dapat melihat penghasilan pada menu analitycs, jangan kaget kalau hasil yang kamu dapatkan kecil. lihat berapa banyak view video yang kamu monetize, semakin banyak view maka semakin banyak mendapatkan duit dari youtube. rata-rata video indonesia diyoutube dibayar $1/1000view namun tidak sedikit video yang nilai pembayarannya kurang dari $1 dalam 1000view. pembayaran tidak melalui youtube langsung melainkan melalui google adsense yang di akumulasi persatu bulan yaitu dari tanggal 1-30/31 dan di bayarkan setiap tanggal 20-30 di bulan berikutnya dengan minimal pendapatan $100, jika belum mencapai abang tersebut maka akan di tunda dan di jumlahkan dengan penghasilan bulan berikutnya. gambar berikut ini adalah pendapatan dari salah satu channel youtube saya:
penghasilan dari video youtube
penghasilan dari video youtube

Cara tersebut dapat dipelajari selengkapnya pada youtube yang sudah memberikan panduan dan aturan-aturan yang diberlakukan untuk mendapatkan uang dari youtube. berikut ini panduan yang dapat kamu pelajari yaitu youtube creator playbook yang bisa kamu dapatkan disini.

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

mr.pujar: Tentu sangat senang sekali bisa mendapatkan uang dari blog yang kita bangun, Apalagi dalam jumlah besar ratusan bahkan hingga ribuan dolar. Tidak semua para blogger mendapatkan uang dari blog mereka, karena banyak dari mereka yang hanya hobi menulis saja, namun ternyata dengan blog kita dapat mendatangkan uang dan menghasilkan uang dari blog.

Membuat Blog yang Menghasilkan Uang 3
Bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang? apakah harus membuat blog yang menarik? ya, tentusaja harus menarik dari segi desain dan juga artikelnya. Pemilihan keyword yang low competitor atau dengan bahasa yang mudah dimengerti yaitu keyword yang rata-rata pencarian perbulannya sedikit dan mudah di kalahkan dalam halaman pertama google.

jika artikel atau blog kita menduduki halaman pertama google sesuai dengan keyword yang kita tentukan maka trafik pun akan banyak berdatangan keblog, dengan banyak nya trafik/pengunjung blog kita dapat mengubah blog kita sebagai mesin uang.

Bgaimana caranya bisa masuk di halaman pertama pencarian google? yaitu kita dapat belajar yang namanya SEO.

secara sederhana blog memerlukan backlink yang berkualitas, yaitu dengan membuat blog utama yang menghasilkan uang dan terkait ke beberapa blog bayangan/dumy yang menuju ke blog utama, sebagai gambaran bisa melihat diagram berikut:

Membuat Blog yang Menghasilkan Uang 1
sistem backlink piramida


Membuat Blog yang Menghasilkan Uang 2
backlink piramida dengan tiga level
Siapa yang membayar kita dari blog yang kita buat? kita dapat bermitra kepada perusahaan atau website penyedia layanan iklan dan kita menjadi salah satu penayang iklan/publisher untuk di tayangkan pada blog kita diantaranya ada Google Adsense, Infolink, Chitika yang membayar sesuai jumlah klik atau disebut sebagai PPC (pay per click) dan masih ada lagi yaitu CPM yang membayar per 1000 kali tayang, Afiliate yaitu mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk, atau kita dapat membuat sebuah toko online sehingga kita menjual produk yang kita jual sendiri.

keamanan komputer Secara Umum

mr.pujar: Secara akademi keamanan komputer akan menjelaskan secara terperinci dari pengertian hingga penangan sistem keamanan komputer, namun secara umum saya akan memberikan beberapa tips untuk keamanan komputer anda.

keamanan komputer 1

Komputer memiliki ancaman dari dua sisi yaitu ancaman dari luar dan ancaman dari dalam atau sistem software nya.
Ancaman dari luar: orang lain yang dapat mengakses komputer kita secara leluasa dapat berakibatburuk pada keamanan komputer kita, baik itu pencurian data atau penggunaan aplikasi yang sembarangan yang dapat menyebabkan komputer kita berantakan, maka gunakan password untuk sistem operasi anda dan berikan akses guest jangan perblehkan untuk akses sistem Administrator pada sistem operasi anda.
selain itu, tempat peletakan komputer juga mempengaruhi keamanan perangkat keras atau hardware komputer. 

keamanan komputer 2

Tempatkan komputer anda dengan menggunakan meja komputer ata paling tidak CPU komputer harus di beri alas, karena jika CPU di letakkan langsung di lantai akan berakibat terjadi lembab akibat suhu dingin lantai dan panas dari perangkat komputer anda. dengan ke adaan lembab perangkat elektronik akan mudah rusak. tempat yang kotor akan mengundang hewan-hewan kecil seperti cicak atau serang juga dapat berakibat buruk, karena jika hewan hewan itu sedang terselip di antara komponen elektronik dapat terjadi konseleting dan terbakar.
Hidarkan tempat yang mudah terguncang atau meja yang tidak kokoh miring sana-sini karena dapat berakibat buruk pada Hrad drive bisa saja terjadi batsector atau bahkan rusak.

Ancaman dari dalam: sistem lain yang tidak dikenali oleh sistem operasi komuter anda bisa menjadi ancaman, hal ini sering di terdeteksi sebagai VIRUS KOMPUTER yang dapat merusak beberapa sistem registry sehingga kompuer tidak dapat difungsikan secara maksimal. aplikasi keamanan komputerdapat membantu mendeteksi ancaman-ancaman seperti ini yang kedatangannya tidak kita sadari.
darimanakan virus-virus tersebut masuk ke komputer kita, bisa dari flashdisk yang sudah digunakan dari komputer yang memang sudah ada virusnya kemudian berpindah melalui flashdisk ke komputer anda, atau dari internet jika anda tidak waspada maka akan banyak sekali virus dan aplikasi aplikasi yang dapat menyerang sistem operasi anda.

keamanan komputer 3

Aplikasi keamanan komputer apa sajakah yang dapat melindungi komputer kita? gunakan lah antivirus yang rekomended dan jangan lupa untuk mengupdate setiap periode dan gunakanlah tools-tools untuk memperbaiki registry yang tidak tersusun sebagaimana mestinya.

Masih banyak lagi cara-cara lain untuk keamanan komputer anda dan ikuti terus tips dari blognya mrpujar untuk mendapatkan update artikel terbaru yang jauh lebih menarik, terimakasih.