Permasalahan pelanggaran yang terjadi pada video youtube

advertisement
advertisement
mrpujar: Banyak sekali Pelanggaran yang terjadi pada video youtube yang diberikan kepada youtube untuk video yang kita upload. jika kita tidak mengetahui pelanggaran dan dampak buruk yang terjadi pada channel youtube kita maka kita tidak dapat membuat video yang bebas dari pelanggaran.

Ada beberapa jenis akun pada youtube yaitu akun biasa, akun verived, akun premium. akun premium adalah akun pihak ketiga memiliki akses yang luas dan memiliki lisensi atas video yang mereka upload,jika kita mengaapload video yang mengandung material visual dan atau audio yang mereka miliki maka kita dapat terkena pelanggaran karena video yang kita upload melanggar hak cipta dari pihak ketiga.


Pihak ketiga/akun premium memiliki kontrol CMS yang berfungsi untuk mendeteksi video yang sama yang di upload oleh orang lain dan dapat memberikan tindakan pelanggaran seperti menghapus semua video yang tedeteksi sebagai pelanggaran pihak ketiga, dapat memberikan strike atau hukuman kepada yang telah mengupload video yang mengandung material yang sama dengan akun premium dapat memberikan hukuman sebagai vidoe yang diblokir diseluruh dunia dan masih banyak lagi.

Akibat jenis pelanggaran pada youtube

pelanggara akan berdampak buruk pada video yang kita upload dan bahkan pada channel kita, pemilik akunpremium dapat melakukan tindakan hukuman kepada pengunggah video yang sama pada desktop CMS mereka hanya dengan sekali klik saja. berikut ini beberapa peringatan pelanggaran pada youtube:

1. Video di block di seluruh dunia
Artinya jika salah satu video kita terdeteksi pelanggaran dengan peringatan tersebut maka video tidak dapat di tonton dengan pengunjung dan terdapat peringatan pada video bahwa video tersebut diblock oleh salah satu pemilik CMS/Lisensi. dapat mengakibatkan reputasi channel mejadi merah dan akan pulih kembali setelah 7hari atau sesuai dengan batas waktu yang tercantum. jika pelanggaran tersebut terjadi hingga 3x sebelum reputasi channel mejadi baik kembali maka funsi monetisation akan dinonaktifkan selama 6bln dan akan berdampak pada channel yang terkait dengan satu akun google adsense di nonaktifkan.

video youtube di block diseluruh dunia
video youtube di block diseluruh dunia 3x dan disable monetisation

2. Pelanggaran pihak ketiga
Video yang kita upload mengandung material visual atau dan audio, jika video yang kita upload milik kita sendiri dan kita rasa tidak mengandung material apapun dari yang lainnya maka kita dapat mengajukan banding untuk melepaskan peringatan tersebut, namun jika memang video tersebut mengandung salah satu material saja maka gugatan akan siasia karena akan berakibat buruk pada channel kita, video kita dapat di delete oleh pemilik cms yang mendeteksi video yang sama dan bahkan dapat melakukan strike yaitu memberikan reputasi buruk pada channel kita yang akan kembali membaik setelah 6bln.strike 3x akan berakibat channel kita di hapus secara permanen.

video youtube strike pelanggaran pihak ketiga
video youtube strike pelanggaran pihak ketiga

Video yang aman untuk di upload

Video original hasil karya sendiri akan jauh lebih aman, gunakan free audio yang di sediakan oleh youtube yang bisa kita dapatkan disini. video yang mengandung musik atau audio yang tidak free lisensi akan dapat terdeteksi oleh pemilik video asli. pemilik akun premium yang memiliki lisensi atas video mereka yaitu musik recording seperti sony music, pelangi recording, dan masih banyak lagi. kemudian pemilik acara televisi sekarang juga sudah mulai memiliki lisensi di antaranya adalah trans corp, televisi media indonesia, kompastv, mnc tv, dan masih banyak lagi. jadi hindarilah upload video dari televisi jika tidak tau triknya dan jangan menggunakan back song yang berlisensi apa lagi lagu-lagu yang sudah masuk label musik recording. ada beberapa lagu yang dapat di upload dan monetisation dengan versi cover video yaitu video dengan memnyaikan lagu-lagu yang memiliki lisensi namun tidak semua video dengan versi cover lagu dapat di monetisation jadi kita juga harus berhati-hati.
advertisement

Related Post: Permasalahan pelanggaran yang terjadi pada video youtube

0 Response to "Permasalahan pelanggaran yang terjadi pada video youtube"

Post a Comment