Cara mengatur kecerahan layar komputer dan laptop

advertisement
advertisement
mrpujar: : Cara mengatur kecerahan layar komputer dan laptop - Selain pengaturan kecerahan layar pada monitor komputer ada juga cara lain untuk mengatur kecerahan cahaya komputer atau pun laptop melalui sistem windows. Cahaya ruang juga sangat mempengaruhi penglihatan kita terhadap layar monitor, sehingga jika kita tidak dapat mengatur kecerahan pada laptop untuk menyesuaikan dengan penglihatan kita maka pekerjaan pun juga akan terkendala dan mata pun juga bisa saja sakit.

Pengaturan cahaya yang baik adalah, jika ruangan dalam keadaan cahaya remang atau pada malam hari maka kita dapat mengatur kecerahan layar laptop sedang saja, namun jika cahaya ruang terdapat banyak cahaya matahari yang masuk maka kita harus setting cahaya kecerahan komputer laptop dengan maksimal. mengapa demikian? karena jika cahaya laptop lebih redup dari cahaya ruangan maka layar laptop tidak tampak jelas karena banyak bayangan yang menjadikan layar laptop terlihat gelap.

mengatur kecerahan layar komputer

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara pengaturan kecerahan layar pada komputer atau pun laptop anda pada windows 7, karena saya anggap anda sudah mengetahui setting secara manual untuk layar monitor. Berikut mulai dari cara yang pertama.

1.Kecerahan cahaya laptop dapat di lakukan melalui keyboard yaitu dengan menekan tombol FN+F5 untuk kecerahan dan untuk cara menggelapkan layar komputer laptop anda dengan menekan tombol FN+F6. tombol F5 dan F6 terdapat icon matahari atau bintang (*) yang berfungsi untuk mengatur kecerahan laptop namun ada beberapa laptop yang tombol kecerahannya terdapat pada tombol Left Arrow dan Right Arow, jadi anda dapat melakukannya dengan menekan tombol FN+Left Arrow atau dengan FN+Right Arrow.
mengatur kecerahan laptop dengan tombol
tombol FN+kecerahan

2.Cara kedua ini kita akan setting kecerahan komputer melalui sistem window, jika kamu menggunaka laptop maka anda dapat memulai dengan klik icon battery dan click "adjust screen brightnes" seperti gambar1 di bawah ini.
gambar.1
Jika kamu akan seting kecerahan pada komputer anda dan tidak ada icon battery, dapat juga di terapkan untuk laptop, silahkan tekan tombol windows pada keyboard atau click menu start windows kemudian silahkan ketik atau kopi paste kata beriut ini "adjust screen brightness" maka akan muncul pilihan program sesuai yang anda ketik kemudian anda click atau setelah mengetikkan anda bisa langsung tekan enter seperti terlihat pada gambar2 berikut ini.
gambar.2
Setelah salah satu dari kedua cara tersebut di atas maka akan menampilkan jendela setting seperti gambar3 di bawah ini, dan kamu dapat mengatur kecerahan dari pada layar komputer atau pun laptop anda dengan cara menggeser tombol yang sudah saya beri tanda panah.
gambar3

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk anda dan teman anda.
advertisement

Related Post: Cara mengatur kecerahan layar komputer dan laptop